--> -->

Pantau Proses Vaksinasi ODGJ Menkes Budi Sadikin Mengaku Sempat Khawatir

  Selasa, 01 Juni 2021   Yogi Faisal
Pantau Proses Vaksinasi ODGJ Menkes Budi Sadikin (kanan) Mengaku Sempat Khawatir/ayobogor/yogi faisal

BOGOR BARAT, AYOJAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, meninjau langsung proses vaksinasi covid-19 kepada puluhan ODGJ yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi, Kota Bogor.

Budi mengaku sempat khawatir akan potensi mengamuknya ODGJ saat dilakukan vaksinasi Covid-19. Terlebih proses vaksinasi Covid-19 untuk ODGJ itu merupakan yang pertama di Indonesia.

"Rasa khawatir pasti ada, apalagi ini vaksin perdana untuk ODGJ. Karena masyarakat biasa saja terkadang takut dan berontak saat disuntik, apalagi ini pasien ODGJ. Tetapi setelah melihat petugas medis yang dapat membuat tenang mereka saya tidak khawatir," katanya, Selasa 1 Juni 2021.

Ia berharap program vaksinasi yang menyasar ODGJ ini menjadi contoh untuk rumah sakit jiwa yang lainnya. Kegiatan tersebut, kata dia, bakal menjadi percontohan bagi rumah sakit yang juga merawat pasien ODGJ untuk menerima vaksinasi.

Sementara itu, Direktur Utama RS Marzoeki Mahdi, Fidiansjah mengatakan, secara umum ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi sebelum ODGJ menjalani vaksinasi Covid-19. 

"Minimal ODGJ yang akan menerima vaksin covid-19 ini harus dalam kondisi sehat, tenang dan sudah menjalani rehabilitasi dari petugas. Jadi tidak semua ODGJ bisa menerima vaksin Covid-19, tapi ada ketentuan yang harus dipenuhi, termasuk tingkat gangguan kejiwaan yang diidap pasien," ucapnya.

Tak hanya itu, ODGJ yang menerima vaksin covid-19 juga harus yang sudah berstatus menjalankan rehabilitasi dari petugas. "Sebelum divaksin kami juga harus mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga," tutupnya.

Pada proses vaksinasi ODGJ itu, hanya sekitar 34 ODGJ dari 90 ODGJ yang dapat menjalani vaksin Covid-19. Hal tersebut lantaran ada beberapa persyaratan yang belum dapat terpenuhi oleh calon penerima vaksin. (Yogi Faisal)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar