--> -->

Gubernur Anies Harapkan Karyawan yang Naik Sepeda Dapat Insentif dari Perusahaan

  Jumat, 04 Juni 2021   Husnul Khatimah
Gubernur Anies Harapkan Perusahaan Beri Insentif Karyawan yang Naik Sepeda (Republika)

TEBET, AYOJAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berharap para perusahaan maupun perkantoran di Ibu Kota dapat memberikan insentif kepada karyawan yang menggunakan sepeda dalam menunjang pekerjaan. Menurut dia, insentif itu bisa berupa kredit maupun premi asuransi sepeda. 

"Kami harap perusahaan, setiap kantor memberikan insentif bagi mereka yang naik sepeda. Misalnya diberikan insentif kredit sepeda, diberikan subsidi premi asuransi, diberikan kemudahan di dalam mereka berkegiatan di kantor," kata Anies, Jumat (4/6).

Ia menilai, insentif mampu mendorong masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Sehingga, hal itu dapat membuat warga menjadi lebih sehat dan kualitas udara di Jakarta juga lebih bersih. 

"Jadi kita berkepentingan sama-sama untuk membuat warga lebih sehat, kotanya lebih bersih, dan nantinya kita akan merasakan suasana kota urban yang secara umum kondisinya lebih sehat," tutur dia. 

Selain itu, Anies menyebut, pihaknya tengah mendorong dan mengampanyekan kegiatan sepeda sebagai alat transportasi di Ibu Kota. Salah satunya, kata dia adalah dengan mengusulkan setiap perkantoran menyediakan sepeda di kantor masing-masing untuk menunjang kegiatan para karyawan dalam jarak tempuh yang pendek atau di sekitar tempat kerja. 

"Kami mendorong sekali kegiatan sepeda ini dan kalau boleh usul, kalau pun belum bisa ke kantor naik sepeda, di kantor siapkan sepeda," ujarnya.

Anies mencontohkan, sepeda yang disediakan di kantor itu nantinya dapat digunakan para karyawan dalam berbagai kegiatan. Di antaranya, kata dia, untuk pergi makan siang, menghadiri rapat (meeting) dan aktivitas lainnya dengan jarak tempuh yang pendek. 

"Jadi kalau pun belum bisa naik sepeda ke kantor, paling tidak di kantor ada sepeda untuk datang di pertemuan-pertemuan. Dengan begitu kita memanfaatkan sepeda dengan benar-benar sebagai alat transportasi," jelas dia. 

Lebih lanjut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan, saat ini DKI Jakarta telah memiliki jalur sepeda dengan panjang 63 kilometer. Jumlah itu sudah termasuk jalur sepeda permanen yang berad di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. 

"InsyaAllah di akhir tahun akan ada tambahan 101 kilometer. Jadi insyaallah total di akhir tahun kita punya lebih dari 170 kilometer jalur sepeda," ungkap dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar