Wiku: Dampak Libur Lebaran Kasus Covid-19 Naik, DKI Jakarta Salah Satu Tertinggi!

  Jumat, 04 Juni 2021   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi (AyoBandung)

TEBET, AYOJAKARTA -- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Wiku Adisasmito membeberkan data mingguan terkait perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Berdasarkan data pada kasus harian per 3 Juni 2021, terjadi penambahan kasus positif sebesar 5.353 kasus.

Jumlah kasus aktif saat ini mencapai 94.438 atau 5,14%, sedangkan jumlah kasus sembuh yaitu 1.691.593 atau 92,1%. Untuk jumlah kasus meninggal kumulatif yaitu sebanyak 51.095 kasus atau 2,78%.

Pada minggu lalu, Wiku mengatakan terjadi kenaikan kasus positif mingguan yang cukup tinggi yaitu 36,8%. Di minggu ini, Wiku menuturkan kenaikan kasus Covid-19 menurun yaitu 15,1%

“Di minggu lalu kita sudah mulai memasuki minggu kedua pascalibur Idulfitri. Artinya kenaikan kasus positif pada periode ini sudah dapat diklaim sebagai dampak dari libur Idulfitri,” kata Wiku dalam konferensi persnya, Jumat 4 Juni 2021.

Wiku membeberkan, kenaikan kasus positif di minggu ini dikontribusikan oleh lima provinsi dengan kenaikan kasus positif tertinggi. Lima provinsi tersebut yaitu Jawa Tengah naik 1.181 kasus, Riau naik 1.550  kasus, Kepulauan Riau naik 781 kasus, Aceh naik 692 kasus, dan DKI Jakarta naik 523 kasus.

Selanjutnya, Wiku juga membeberkan bahwa angka kematian pada minggu ini mengalami penurunan setelah minggu lalu mengalami kenaikan. Di minggu ini, kata dia, angka kenaikan kasus turun sebesar 15,1%.

“Hal ini merupakan perkembangan yang sangat baik bahwa di tengah naiknya kasus positif, angka kematian dapat kita tekan,” tuturnya.

Kemudian, terdapat juga lima provinsi dengan angka kematian tertinggi. Lima provinsi tersebut berada di luar pulau Jawa. Provinsi tersebut yaitu Riau, Kepulauan Riau, NTB, Kepulauan Bangka Belitung, dan Bengkulu. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar