Belum Ada Tanda Pencairan! Cek Dulu Daftar Penerima BST Rp 300 Ribu Bulan Juni, Ada Namamu Nggak?

  Selasa, 08 Juni 2021   Yogi Faisal
Ilustrasi / dok. Pixabay

BOGOR, AYOJAKARTA - Meski Kementerian Sosial (Kemensos) secara resmi kembali memperpanjang BST (Bantuan Sosial Tunai) sebesar Rp300 ribu untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, namun hingga kini bantuan tersebut tak kunjung diterima oleh masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Kota Bogor Fahrudin bercerita, semula BST Rp300 ribu dari Kemensos hanya sampai Mei saja. Namun karena satu dan lain hal, bantuan tersebut secara resmi diperpanjang hingga Juni. Namun sampai saat ini, belum ada informasi kapan bantuan tersebut bisa dicairkan oleh para penerima.
 
Fahrudin mengaku, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui kapan BST Rp300 ribu itu bisa dicairkan.
 
"Jujur, kami belum mendapatkan informasi kapan BST Rp300 ribu ini bakal cair," kata Fahrudin kepada Ayojakarta, Selasa 8 Juni 2021.
 
Pihaknya juga mengaku tak bisa berbuat banyak mengenai pencarian BST Rp300 ribu tersebut. Sebab kebijakan pencairan bantuan bukanlah wewenangnya. 
 
"Kami di dinas hanya bertugas melakukan pendataan kepada masyarakat kurang mampu sebagai calon penerima. Kalau soal pencairannya itu wewenang kementrian. Kami juga belum dapat bocoran kapan BST Rp300 ribu untuk Juni ini bakal cair," ujar dia. 
 
Secara umum, mekanisme pencairan BST Kemensos Rp300 ribu sama dengan sebelumnya. Adapun penerima bantuan dapat dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.
 
Berdasarkan data yang ada, di Kota Bogor sendiri setidaknya ada 57 ribu lebih Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang terdaftar sebagai penerima BST Rp300 ribu dari Kemensos.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar