Situs Eror, PPDB DKI Jakarta Dihentikan Sementara Hingga Pukul 12.00 Siang Ini!

  Selasa, 08 Juni 2021   Aini Tartinia
Petugas melayani orang tua siswa dan calon siswa di posko Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Negeri 15, Jakarta, Kamis (25/6). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

TEBET, AYOJAKARTA - Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) DKI Jakarta kembali dihentikan sementara pada Selasa 8 Juni 2021.

Pengumuman penghentian sementara tersebut diunggah oleh akun Instagram resmi PPDB DKI Jakarta @officialppdbdki.

Pendaftaran PPDB DKI Jakarta dihentikan sementara mulai pukul 01.30 sampai 12.00 WIB.

"Sehubungan dengan optimalisasi sistem PPDB online, pengajuan akun akan dihentikan sementara mulai hari Selasa dari pukul 01.30 sampai dengan 12.00 WIB," tulis akun Instagram @officialppdbdki.

Pengumuman tersebut juga menyebut bahwa orangtua sisa bisa kembali mengajukan akun setelah proses optimalisasi selesai.

Sebelumnya, pendaftaran PPDB Jakarta 2021 juga sempat dihentikan sementara selama dua jam pada Senin 7 Juni 2021 pukul 16.00 sampai 18.00 WIB.

Karena adanya penundaan tersebut, waktu pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) DKI Jakarta 2021 diperpanjang sampai 11 Juni 2021.

Diketahui sebelumnya, hari pertama pembukaan PPDB DKI Jakarta tahun ajaran 2021 diwarnai dengan gangguan atau eror pada situs pendaftaran.

Orangtua siswa ramai-ramai menyampaikan keluhan di media sosial dengan me-mention akun Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan hingga Dinas Pendidikan DKI.

Di Instagram, Anies sempat mengunggah gambar yang berisi infografis mengenai PPDB DKI Jakarta 2021. Namun, unggahan itu justru mendapat komentar miring dari para orangtua siswa yang kesulitan mendaftar.

Contohnya akun bernama @ydanisgolf mengaku tidak bisa mengakses akun pendaftaran dan berharap agar server segera diperbaiki.

"Pak Anies YTH, just info pak..ini server Sidanira problem shg kami tidak bisa akses mengajukan akun pendaftaran. Mohon bisa segera dibenerin pak. Demikian n terimakasih," tulisnya.

Kemarin, di acara webinar Transparansi dan Partisipasi Publik Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2021, Senin 7 Juni 2021, Ketua Panitia PPDB DKI Jakarta 2021, Slamet mengatakan informasi yang diterima sistem traffic situs PPDB DKI terlalu tinggi.

"Hari ini memang sudah dimulai pendaftaran, yang barangkali informasi yang terjadi pada hari ini memang sistem terlalu padat, traffic yang masuk dari berbagai penjuru, karena hari ini yang dibuka adalah untuk SMP, SMA itu jalur prestasi," kata Slamet Senin 7 Juni 2021 kemarin.

Menurut dia, karena jalur prestasi tidak mengenal zona maka siapapun dari manapun, sepanjang itu warga DKI yang sudah terdaftar di dalam SIDANIRA ini melakukan pendaftaran pada hari ini.

"Jadi, kalau pendaftaran hari ini sistemnya terkesan lambat, memang itu kejadian karena trafficnya cukup tinggi," ujar Slamet.

"Namun demikian, saya pastikan sistem hari ini dari pagi itu tetap jalan, kami sudah memantau, berapa-berapa dan masalah-masalah apa yang ada jadi sekali lagi sistem hari ini tidak down tapi mengalami pelambatan," tambahnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar