>

7 Tanaman Hias yang Populer Tahun 2021, Cek Koleksi Kamu yang Mana!

  Rabu, 09 Juni 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Beberapa pilihan tanaman hias jadi hits di tahun ini, yang harganya terjangkau, mudah dicari, dan tentunya mudah dirawat. Rumah bisa tampil mengesankan, tapi tidak menghabiskan waktu dan biaya saat merawatnya. Tanaman-tanaman pilihan Dekoruma di bawah ini yang mungkin cocok berada di ruangan rumah Anda.

1. Monstera/Janda Bolong

Tanaman hias yang satu ini menggaet hati masyarakat Indonesia sejak 2020. Janda bolong punya karakteristik daun yang lebar dengan lubang-lubang lonjong pada daunnya. Meski sempat dihargai jutaan rupiah pada saat booming, sekarang Anda bisa memiliki Monstera mulai dari Rp 20.000 saja

Perawatannya pun cukup mudah. Tanaman ini bisa menjadi indoor plant; tidak perlu disiram setiap hari, dan membutuhkan cahaya yang tidak terlalu banyak. Begitu tumbuh besar, monstera akan menjadi tanaman hias yang meningkatkan estetika ruangan.

2. Kaktus

Tanaman ini juga pernah jadi kesukaan penggemar tanaman hias sebelumnya. Bisa ditempatkan di dalam ruangan, bentuknya yang tidak biasa dan berwarna-warni akan membuat aksen yang menarik di dalam rumah.

Sebuah kaktus hias dalam pot kecil bisa didapatkan dengan harga serendah Rp 15.000. Kaktus juga mudah dirawat. Kaktus tidak perlu banyak air dan sinar matahari, mengingat habitat aslinya yang merupakan gurun berpasir.

3. Lidah Mertua

Tanaman yang daunnya tumbuh vertikal dengan gradasi warna hijau tua dan muda ini juga menjadi tanaman hias favorit, terutama untuk tanaman indoor. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000, dan lidah mertua sudah bisa menjadi milik Anda. Tanaman ini juga tidak merepotkan.

Pastikan lidah mertua mendapatkan cahaya matahari yang cukup, asupan air yang tidak berlebihan, dan khusus untuk daunnya, Anda hanya perlu menyekanya dengan kain lembap untuk menghilangkan debu.

4. Lidah Buaya

Bukan cuma menjadi tanaman hias, lidah buaya juga bisa digunakan untuk berbagai kepentingan. Misalnya menjadi pertolongan pertama menangani luka bakar, mengatasi kulit kering, atau bahkan melindungi tubuh dari penyakit berbahaya bila dikonsumsi.

Dengan bibit yang bisa dibeli mulai dari Rp 5.000, lidah buaya adalah tanaman hias yang terjangkau untuk ditanam di rumah. Lidah buaya juga tidak perlu disiram sering-sering dan letakkan di tempat yang langsung terpapar sinar matahari.

5. Pothos/Sirih Gading

Tanaman ini merupakan tanaman rambat yang punya akar gantung. Oleh karenanya, penggemar sirih gading seringkali menempatkannya dalam pot gantung di teras rumah untuk mendapatkan efek juntaian daun yang indah.

Sirih gading bisa didapatkan mulai dari Rp 5.000 dengan regimen perawatan yang sederhana. Siram tanaman setiap hari, potong daun-daun yang mulai kering atau terlalu banyak di satu titik, dan berikan pupuk untuk kesuburan daun yang maksimal.

6. Sri Rezeki

Dikenal secara ilmiah sebagai aglaonema, tanaman ini diyakini bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Sri rezeki sendiri dikategorikan ke dalam beberapa jenis yang terlihat dari varietas daunnya. Baik dari ragam ukuran maupun warna daun seperti merah dan putih.

Satu buah pot berisi sri rezeki paling terjangkau bisa didapatkan seharga Rp 10.000. Perawatannya pun hanya memerlukan penyiraman dua kali sehari, pupuk setiap satu sampai dua minggu sekali, dan mengganti tanah 6-12 bulan sekali.

7. Peace Lily

Perpaduan daun hijau tua dan pucuk bunganya yang berwarna putih, membuat tanaman peace lily mempunyai nuansa yang elegan. Tanaman ini memang tumbuh di iklim tropis sehingga bisa ditempatkan di dalam dan luar ruangan, dan bunga putihnya akan tetap tumbuh.

Peace lily dapat dengan mudah dirawat dengan memastikan air yang digunakan untuk menyiram tidak terlalu banyak dan menggenangi pot dan mendapat sinar matahari yang memadai.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar