Awas! 5 Tren Perawatan Kecantikan Ini Bisa Merusak Wajah

  Selasa, 15 Juni 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Tren perawatan kecantikan memang tidak ada habisnya. Sayangnya, tidak semua yang populer memang aman diterapkan untuk merawat kecantikan wajah.

"Saya tak berpikir orang mesti mengabaikan tren, tapi mereka harus selalu berhati-hati," ungkap Dhaval Bhanusali, dermatolog yang berbasis di New York kepada Insider.

Dia menegaskan, "Hanya karena sesuatu berhasil untuk satu orang, tak berarti itu bakal berhasil untuk orang lain. Anda mesti berhati-hati."

Melansir dari Insider, inilah beberapa tren perawatan kulit yang menurut ahli kulit harus diwaspadai:

Peel-off Mask Dapat Merusak Wajah

Dokter kulit yang berbasis di Minnesota, Holly Hanson mengungkapkan bahwa masker peel-off sebenarnya dapat merusak kulit.

"Seringkali masker ini bersifat abrasif dan bekerja dengan menghilangkan lapisan luar kulit. Ada cara yang lebih efektif untuk membersihkan kulit tanpa merusaknya," tuturnya.

Menggunakan Sabun Batang

Tren perawatan kulit satu ini cukup populer di kalangan pria. "Walau orang suka aromanya, sabun ini terlalu kering dan bisa menyebabkan ruam, terutama di musim dingin," terang Hanson.

Tak Semua Masker Charcoal Baik untuk Kulit

Masker wajah berbahan charcoal sempat jadi tren yang sangat populer. Meski begitu, dokter kulit yang berbasis di New York, Ritu Saini menyarankan untuk memeriksa bahan-bahannya sebelum diaplikasikan ke wajah.

"Charcoal sendiri bukan masalahnya, namun lem yang dipakaiuntuk mengoleskan masker bisa mengelupas sel kulit normal dan menyebabkan kerusakan," ujar Saini.

Dia menambahkan, "Penggunaan masker ini secara berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan teriritasi."

Minyak Alami Tidak Selalu Bagus untuk Dijadikan Pelembap

Tidak semua jenis kulit cocok dengan penggunaan minyak alami sebagai pelembap. "Minyak alami bisa menyebabkan beberapa masalah kulit," kata Marisa Garshick, dokter kulit di New York.

Dia bilang, "Berhati-hatilah ketika memakai minyak pada kulit  karena bisa menyumbat pori-pori, utamanya bagi kulit berjerawat."

Garshick biasanya merekomendasikan pelembab wajah dalam bentuk krim atau lotion untuk menghidrasi kulit. Dia pun menegaskan bahwa label alami dan organik juga tidak selalu baik untuk kulit.

Perawatan Kulit Bikinan Sendiri Bisa Berbahaya

Ide membikin masker, serum, atau pelembap sendiri belakangan semakin menjadi tren perawatan kulit yang populer di kalangan masyarakat . Hanya saja, Bhanusali menyebutnya bisa lebih berbahaya. Bahkan, terkadang bisa menyebabkan luka bakar kimiawi.

Bhanusali lalu mengatakan, "Selalu penting untuk konsultasi dengan ahlinya sebelum melakukan sesuatu yang bisa membahayakan kulit Anda." 

 
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar