--> -->

TOP SKOR PIALA EROPA 2020: Hasil Portugal vs Hungaria Bawa Ronaldo Ciptakan Gol Terbanyak di Euro

  Rabu, 16 Juni 2021   Eries Adlin
TOP SKOR PIALA EROPA 2020: Hasil Portugal vs Hungaria Bawa Ronaldo Ciptakan Gol Terbanyak di Euro

TEBET, AYOJAKARTA – Hasil Portugal vs Hungaria di Piala Eropa membawa Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak alias top skor sepanjang sejarah Piala Eropa atau Euro.

Ronaldo memberikan sumbangan dua dari tiga gol pada pertandingan tersebut. Hasil Portugal vs Hungaria dalam pertandingan pembukaan Grup F Euro 2020 di Puskas Arena, Budapest, berakhir dengan skor 3-0.

Dua gol Ronaldo tercipta pada 10 menit jelang akhir laga. Namun, penyerang usia 36 tahun ini merasa tak terlalu mementingkan pecahnya rekor pencetak gol terbanyak Euro tersebut. Ia justru menekankan pentingnya bagi Portugal untuk terus menang, tanpa harus dirinya yang mencetak gol. Mantan pemain Real Madrid itu bahkan tak lupa memuji pertahanan Hungaria yang menyulitkan Portugal.

"Yang penting adalah menang. Itu adalah pertandingan yang sulit, menghadadpi lawan yang bertahan dengan sangat baik, tetapi kami mencetak tiga gol," kata Ronaldo dilansir dari situs resmi UEFA pada Rabu (17/6).

Ronaldo mengutarakan apresiasinya kepada rekan setimnya. Ia merasa kemenangan dan golnya tercipta berkat kerja keras seluruh anggota tim. "Saya sangat berterima kasih kepada tim karena membantu saya mencetak dua gol dan menjadi yang terbaik sebagai bintang pertandingan," jelasnya.

Berikut ini daftar pencetak gol terbanyak ajang Euro:

11 gol Cristiano Ronaldo (Portugal)
9        Michel Platini (Prancis)
7        Alan Shearer (Inggris)
6        Antoine Griezmann (Prancis)
6        Ruud van Nistelrooy (Belanda)
6        Patrick Kluivert (Belanda)
6        Wayne Rooney (Inggris)
6        Thierry Henry (Prancis)
6        Zlatan Ibrahimović (Swedia)
6        Nuno Gomes (Portugal).

Portugal sukses memperoleh tiga poin usai menuntaskan perlawanan Hungaria 0-3 dalam laga pembuka Grup F Euro 2020 pada Rabu (16/6). Hungaria tampak kehilangan semangat bermain setelah kebobolan satu gol.

Diogo Jota mengawali gempuran Portugal lewat dribble solo, namun lini pertahanan Hungaria berhasil menghentikannya. Pada giliran selanjutnya, tembakan Jota sukses diamankan Peter Gulacsi. Atas serangan bertubi-tubi ini, anak asuhan Marco Rossi mesti bermain defensif.

Selama 20 menit babak pertama, Cristiano Ronaldo mengomandoi serangan Portugal. Berkali-kali ia menyodorkan umpan atau membuat peluangnya sendiri. Hanya saja, satu peluang emas sia-sia lantaran Gulacsi sigap di bawah mistar.

Pada menit ke-37, Hungaria mendapat peluang satu-satunya melalui Adam Szalai yang membuka ruang di depan mulut gawang usai menyambut umpan hasil tendangan bebas. Namun sundulan akuratnya dapat dimentahkan Rui Patricio.

Portugal tak kunjung mencetak gol walau berkali-kali mencipta peluang. Jelang turun minum, kesempatan yang didapat Ronaldo dan Jota di muka gawang masih gagal dimanfaatkan maksimal.

Pada 15 menit awal babak kedua, Hungaria tampil lebih percaya diri. Serangan beberapa kali dibuat oleh Adam Szalai dan Attila Szalai meski belum berbuah gol. Tembakan Roland Sallai nyaris berujung gol kalau kiper Portugal tak punya respons cemerlang.

Adapun, Portugal terus mencoba peruntungan menghasilkan gol lewat usaha Bernardo Silva, Bruno Fernandes, dan Ronaldo. Sayangnya, dewi fortuna belum berpihak kepada mereka.

Portugal hampir mendapat hak tendangan penalti usai dugaan handball oleh pemain Hungaria di menit ke-76. Wasit memutuskan tak ada penalti setelah menggunakan VAR.

Semenit berselang, petaka hampir saja menimpa Portugal. Beruntung gol yang dihasilkan Szabolcs Schon dianulir wasit karena pelanggaran offside.

Portugal akhirnya unggul di menit ke-85 lewat Raphael Guerreiro yang melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Tembakannya terpantulkan hingga masuk melewati penjaga gawang. Keunggulan Portugal bertambah dua menit berselang berkat tendangan penalti yang sukses dimanfaatkan Ronaldo buah pelanggaran Willi Orban.

Ronaldo kembali mencatatkan nama di papan skor saat perpanjangan waktu. Pemain Juventus itu mampu melesatkan bola dengan tenang ke gawang Hungaria setelah lolos dari jebakan offside

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar