--> -->

Polisi Amankan 30 Gram Ganja dari Tangan Anji, Ini Hukumannya!

  Rabu, 16 Juni 2021   Fichri Hakiim
Anji saat diamankan di Polres Metro Jakarta Barat. (Fichrihakiim/Ayojakarta.com)

KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Petugas kepolisian menetapkan musisi Anji sebagai tersangka terkait kasus penyalahgunaan narkotika jenis ganja. Dari tangan Anji, polisi mengamankan ganja total seberat 30 gram di Cibubur dan Bandung.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo, mengatakan petugas kepolisian menangkap Anji seorang diri di studio rekaman miliknya di Cibubur.

"Kita amankan AN ini di studio rekamanannya di Cibubur, yang bersangkutan sangat kooperatif jadi kita tak kesulitan saat pemeriksaan. AN ini menyimpan ganja di speaker kecil. Keesokan harinya, yang bersangkutan memberitahu ada barang bukti lagi di Bandung, kita amankan juga sebuah buku hikayat pohon ganja," ujarnya di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu 16 Juni 2021.

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Anji menjalani pemeriksaan kesehatan maupun tes urine. Anji dinyatakan sehat dalam pemeriksaan kesehatan tersebut.

"Kita amankan yang bersangkutan, lalu kita lakukan pemeriksaan. Hasil swab antigen menunjukan AN negatif Covid-19, namun hasil urinenya positif mengandung zat Tetra Hydro Canabinoid THC (ganja)," tuturnya.

Menurut pengakuan Anji, ia mendapatkan obat terlarang itu dari seorang berinisial BRO, yang menawarkan ganja dari situs luar negeri berasal dari Amerika. Saat ini, BRO masih menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Jadi, saudara berinisial BRO ini menawarkan ganja yang dijual di website megamarijuanastore.com kepada AN, namun AN berinisiatif memberikan uang sebesar Rp 5 juta karena merasa tidak enak selalu diberikan ganja secara gratis. Tersangka sudah dua kali mendapatkan narkotika jenis ganja dari saudara BRO. Yang pertama pada bulan September tahun 2020 dan yang kedua pada bulan Maret 2021," jelas Ady.

Polisi turut mengamankan barang bukti berupa 1 plastik klip bertulisan Choco Haze yang berisi 7 linting ganja, 1 plastik klip bertuliskan BananaCush berisi 1 linting ganja, 12 gulungan kertas, 1 plastik klip berisi ekstrak ganja, 1 speaker kecil, 8 plastik berisikan biji-bijian daun ganja dan 1 buku yang berjudul Hikayat Pohon Ganja.

"Tersangka AN mengenal ganja sejak sekolah SMA tahun 1992 dan itu hanya coba coba. Tersangka sempat berhenti dan jarang-jarang mengkonsumsinya, dan mulai aktif kembali mengkonsumsi ganja sejak bulan September tahun 2020, tersangka menerangkan bahwa mengkonsumsi ganja tersebut adalah agar merasa lebih tenang dan lebih merasa aktif," katanya.

Akibat perbuatannya, pelantun lagu 'Dia' dijerat Pasal 111 ayat (1) subsider Pasal 127 ayat (1) huruf (a) Undang-Undang Republik Indonesia nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Hukumannya 4 sampai 12 tahun penjara," kata Ady. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar