--> -->

5 Tanaman Hias yang Bermanfaat Bersihkan Udara Rumah, Kamu Koleksi yang Mana?

  Kamis, 17 Juni 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Tren mengoleksi tanaman hias memang sedang marak diperbincangkan lantaran menjadi hoby yang unik dilakukan. Selain itu, dengan bercocok tanaman hias bisa membuka peluang bisnis lantaran harganya yang kini meroket. Tak dapat dipungkiri pula bahwa tanaman merupakan salah satu komponen yang selalu ada di setiap rumah.

Kehadiran tanaman hias pada ruangan indoor tidak hanya membuat rumah terlihat apik, tetapi juga membawa nuansa positif serta memunculkan aura kehidupan, ini adalah fakta yang sudah dialami pecinta tanaman. Selain itu, manfaat lain dari tanaman hias juga berfungsi membersihkan udara, lho.

Tapi perlu diperhatikan, karena tidak semua tanaman hias indoor dapat disimpan di dalam ruangan lantaran ada pula yang berbahaya. Hal ini dikarenakan beberapa tanaman hias dapat menghasilkan karbon dioksida ketika malam hari. Maka dari itu, berikut kami akan berbagi informasi, tanaman apa saja sih yang bisa dikoleksi secara indoor. Berikut daftarnya!

1. Lidah buaya

Siapa sangka, Aloe Vera atau yang kerap dikenal dengan sebutan  lidah buaya merupakan tanaman yang mudah ditemukan dan tak perlu perawatan khusus untuk pemeliharaannya. Disamping kemudahaan itu, lidah buaya juga memiliki segudang manfaat diantaranya yaitu sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Namun kamu tau enggak sih, selain sering digunakan pada produk kecantikan, rupanya lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang ternyata efektif dalam membersihkan udara. Berbanding terbalik dengan kebanyakan tanaman yang menghasilkan karbon dioksida pada malam hari, justru lidah buaya dapat menyerap karbon dioksida, karbon monoksida, monoksida, dan formalhedida.

2. Kaktus

Tumbuhan kaktus memang sangat populer dikalangan tanaman hias yang sedang hit belakangan ini. Dengan beragam variasi bentuk, ukuran, hingga warna yang perlu dipertimbangkan dalam memeliharanya, kaktus memang memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman hias. Selain memiliki bentuk yang unik dan warna yang menarik, kaktus juga berpotensi menghilangkan bakteri dan juga mengatasi radiasi lho.

Hal itulah yang membuat tanaman kaktus aman ketika harus diletakan di dalam ruangan rumah. Selain itu, kaktus digemari lantaran manfaatnya yang dapat membantu pernapasan dan membersihkan udara di dalam ruangan sangat baik untuk kesehatan. Sangat bagus jika kamu meletakkan tanaman ini di kamr tidur mu lantaran tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida pada malam hari dan kemudian melepaskan oksigen.

3. Lidah Mertua

Tanaman selanjutnya ialah sansevieria atau yang lazim disebut lidah mertua. Tanaman ini juga dijuluki snake plant bagi kolektor tanaman hias dan menjadi salah satu tanaman hias yang cukup populer. Selain betuknya yang bagus, alasan banyak orang mengoleksi tanaman ini lantaran lidah mertua mampu bertahan pada kondisi yang minim air dan cahaya matahari.

Lidah buaya juga sangat pas di tanam di dalam ruangan lho. Tanaman hijau ini kebanyakan dimanfaatkan untuk menyerap CO2 yang ada di dalam ruangan. Tak heran, lidah mertua juga kerap digunakan untuk mereduksi senyawa beracun berbahaya di sebuah rumah produksi agar tak terhirup para karyawan.  Bagaimana, tanaman ini memiliki segudang manfaat bukan?

4. Cocor Bebek

Banyak yang menganggap remeh tanaman yang satu ini. Cocor bebek atau tumbuhan yang masuk dalam kategori sukulen ini karena sering tumbuh subur di pekarangan atau teras rumah. Meski begitu, tanaman ini rupanya kaya akan manfaat, lho. Tak heran jika kebanyakan para ibu-ibu yang menyukai tanaman hias gemar mengoleksi tanaman yang satu ini.

Jika kamu ingin menananamnya, cocor bebek sangat mudah dipelihara dan bisa diletakkan di dalam atau di luar ruangan. Kebanyakan orang jika menanamnya di ruangan, mereka meletakkan nya dekat dengan jendela. Alasan itu dikarenakan tanaman ini membutuhkan  kondisi yang relatif hangat dan terpapar sinar matahari.

5. Tanaman Kupu-Kupu

Dengan nama lain Oxalis Plant, tanaman hias yang bewarna ungu ini  banyak digunakan untuk memeriahkan pekarangan. Tanaman ini juga sangat disukai pencinta bunga karena sifatnya yang tidak rewel dan hanya memerlukan sedikitbiaya perawatan. Oxalis ini juga dikenal sangat produktif, namun berkembang lambat tetapi muda menyebar.

Tanaman dengan dominasi warna ungu ini rupanya memiliki keunikan karena bentuknya yang menyerupai kupu-kupu. Keunikan lain yang dapat ditemukan pada tanaman ini adalah sifat fotofiliknya bunga dan daunnya dapat terbuka dan tertutup ketika terkena pancaran cahaya. Tanaman ini juga sangat baik diletakan di ruangan tertupup namun harus tetap mendapatkan cahaya yang baik. Dengan meletakkannya di dekat jendela, kamu juga bisa langsung melihat keindahannya di pagi hari ketika terbangun dari tidur.

Sederet tanaman hias di atas hanya sebagian kecil dari puluhan tanaman hias yang aman di letakkan di ruangan indoor atau tertutup. Kamu juga bisa menggunakan tanaman yang hidup diair untuk menghasilkan oksigen yang bersih di dalam rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar