--> -->

Kasus Covid-19 Melonjak, Menkes Fokus Percepat Vaksinasi

  Senin, 21 Juni 2021   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA – Kasus Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan beberapa waktu belakangan. Tercatat sebanyak 13.737 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, menambah total kasus aktif menjadi 142.719 kasus.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa lonjakan kali ini, pemerintah lebih siap sejak dini. Persiapan dilakukan dalam hal meningkatkan jumlah tempat tidur isolasi, obat-obatan yang diperlukan, peralatan kesehatan seperti APD dan masker, termasuk kesiapan para tenaga medis.

“Kami sampaikan memang saat ini terjadi peningkatan kasus yang luar biasa dan itu penting untuk bisa fokus yang bukan saja di sisi hilir seperti rumah sakit dan penanganan orang sakit, tapi lebih penting lagi fokus ke sisi hulu, bagaimana kita mencegah orang yang sehat jangan sampai sakit,” ujar Budi dalam konferensi persnya, Senin 21 Juni 2021.

Budi membeberkan, dirinya mendapatkan dua mandat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan lonjakan pandemi saat ini. Pertama, yaitu penanganan di sisi hulu sehingga mengurangi tekanan di sisi hilir. Kedua, yaitu mempercepat program vaksinasi.

“Kita menangani di sisi hulunya dengan baik, sehingga mengurangi tekanan di sisi hilirnya. Dimana kita bisa menangani agar mencegah orang sehat ini tidak menjadi sakit, bukan hanya menangani orang yang sudah sakit menjadi sembuh,” ujar dia. 

Selain itu, Budi menyebut bahwa Jokowi ingin memperkuat implementasi lapangan untuk program PPKM Mikro. Budi mengatakan daerah atau wilayah zona merah akan dibatasi hingga sebanyak 75 persen bahkan hingga 100 persen, tergantung dari kegiatan, jenis kegiatan, dan status zona di daerahnya.

Untuk program percepatan vaksinasi, Budi membeberkan bahwa Jokowi meminta agar dapat memvaksinasi 1 juta orang per hari, yang rencananya harus tercapai di awal Juli. Hal ini didorong karena pada target sebelumnya, Jokowi memberikan target yaitu vaksinasi sebanyak 700 ribu pada bulan ini, dan sudah tercapai pada minggu lalu sebanyak 716 ribu orang telah vaksinasi. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar