--> -->

Covid-19 Lagi Melonjak, Ahli Biologi Molekuler Ini Minta Setop Penggunaan Genose

  Senin, 21 Juni 2021   Aini Tartinia
Ilustrasi (AyoBandung)

TEBET, AYOJAKARTA - Ahli Biologi Molekuler Ahmad Utomo meminta penggunaan GeNose C19 sebagai alat deteksi kasus Covid-19 dihentikan di tengah melonjaknya kasus corona di Indonesia. 

Melalui akun Twitter pribadinya, Ahmad Utomo meminta agar tes deteksi kasus Covid-19 untuk verifikasi perjalanan dikembalikan ke standar yang semestinya.

"Mohon sangat, setop penggunaan Genose untuk verifikasi perjalanan kembalikan ke tes standar baku, kecuali sudah ada bukti validasi Genose dari minimal 3 kampus merdeka," ujar Ahmad melalui akun Twitter @PakAhmadUtomo, Senin 21 Juni 2021.

Ahmad Utomo mengaku khawatir dengan hasil GeNose C19 yang digunakan untuk verifikasi perjalanan.

GeNose C19 bahkan menjadi trending topic di Twitter setelah 2.922 kali dicuitkan. Kebanyakan warganet juga merasa jika GeNose C19 tidak memenuhi standar untuk digunakan sebagai alat deteksi Covid-19.

"Gapernah mau genose karna takut malah jd celakain diri sendiri atau org rumah, mending antigen atau pcr sekaliann sihh," tulis salah satu akun warganet Twitter @softcakeyy_ ketika mengomentari cuitan Ahmad Utomo tersebut.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kini menyediakan 65 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 per 21 Juni 2021 setelah menambah 2 stasiun yang menyediakan layanan tersebut yaitu Stasiun Cilacap di Daop 5 Purwokerto dan Stasiun Mambang Muda di Divre 1 Sumatera Utara.

"KAI berkomitmen untuk terus menambah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19. Hal ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan Kereta Api Jarak Jauh pada masa pandemi Covid-19," kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam keterangan tertulisnya, Senin 21 Juni 2021.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar