--> -->

Dave Laksono Ajak Masyarakat Lakukan Ini di Tengah Lonjakan Covid-19

  Selasa, 22 Juni 2021   Husnul Khatimah
Anggota DPR RI, Dave Akbarshah Fikarno atau diakrabi Dave Laksono. (Ayocirebon.com)

TEBET, AYOJAKARTA -- Di tengah pembengkakan kasus Covid-19 di Cirebon, anggota DPR RI, Dave Akbarshah Fikarno atau diakrabi Dave Laksono meminta masyarakat tetap optimistis.

Sebagaimana diketahui, lonjakan kasus Covid-19 terjadi di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, maupun Kabupaten Indramayu. Salah satu indikasi tampak pada tingginya tingkat keterisian tempat tidur/bed occupancy ratio (BOR) di rumah-rumah sakit rujukan. 

Ke-3 daerah itu sendiri saat ini terkategori zona berisiko sedang penyebaran Covid-19 atau zona oranye. Dia tak menampik, dampak terbesar dari pandemi berupa persoalan ekonomi.

"Memang agak sulit mencari titik temunya soal ekonomi ini," ungkapnya kepada Ayocirebon.com, Selasa, 22 Juni 2021.

Namun, Dave yang juga Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 periode 2021-2026 ini mengingatkan, menghidupkan kembali ekonomi bukanlah hal yang tak mungkin. Pemerintah, terutama di Cirebon dan Indramayu, perlu mengambil langkah lebih kreatif.

Dia menyontohkan antara lain dengan meningkatkan bantuan bagi industri rumahan maupun meningkatkan belanja masyarakat. "Upaya lain memberlakukan subsidi yang langsung menyerap ke masyarakat, jangan sampai belanja barang dari luar wilayah Cirebon," tambahnya.

Di tengah situasi itu, dia pun membeberkan beberapa hal penting yang bisa dilakukan masyarakat sebagai kunci penyelesaiannya. "Prokes (protokol kesehatan) saja yang paling penting, itu kunci utama untuk menyelesaikan ini (pandemi)," tuturnya.

Lulusan S2 Magister Ekonomi Universitas Indonesia ini meminta masyarakat mematuhi prokes melalui 5M, masing-masing mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Tak hanya itu, kunci lain berupa vaksinasi sesegera mungkin. Dia tak mengharapkan adanya penolakan terhadap vaksinasi Covid-19. "Sesegera mungkin vaksin, jangan sampai ada penolakan. Jangan anggap enteng penyakit ini dan cepat percaya pada kabar yang ada," cetusnya.

Dia meyakinkan, semua yang telah dilakukan saat ini sesuai aturan. Karena itu, penting bagi siapapun untuk mematuhinya.

"Vaksin aman, bahkan penting dan perlu. Apalagi dengan adanya varian baru, disiplin prokes dan harus mau disuntik vaksin," tegasnya. Di sisi lain, pemerintah pula dimintanya tetap fokus dan bekerja optimal demi menekan dampak buruk pandemi. "Jangan lengah dan serius, selesaikan masalah tanpa pandang bulu," tegas pria kelahiran Jakarta, 19 Agustus 1979 ini. (Erika Lia)
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar