--> -->

Ini Kronologi Kerusuhan Simpatisan Sidang Vonis Habib Rizieq dengan Polisi

  Kamis, 24 Juni 2021   Fichri Hakiim
Ini Kronologi Kerusuhan Simpatisan Sidang Vonis Habib Rizieq dengan Polisi

KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Beredar viral di media sosial video kerusuhan antara simpatisan Habib Rizieq Shihab dengan petugas kepolisian. Massa yang hadir berencana untuk datang mengawal sidang putusan vonis Habib Rizieq di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis 24 Juni 2021.

Kapolres Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan, mengatakan kerusuhan berawal ketika massa mendorong kendaraan aparat keamanan hingga masuk ke sungai. 

"Sebenarnya tadi ada kendala anggota yang sempat dimasukan ke sungai oleh pengunjuk rasa, sehingga menimbulkan sedikit kericuhan. Tetapi bahwa masing-masing pihak bisa menahan diri, itu bisa dihentikan," ujarnya. 

Erwin juga menuturkan, pihaknya sempat bernegosiasi dengan koordinator pendukung Rizieq Shihab, terkait keinginan mereka untuk datang langsung ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Namun, Erwin menolak dengan alasan tidak boleh ada kerumunan mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. 

"Hal ini tentu harus dipahami, bahwa menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan adalah hal utama bagi warga masyarakat, sehingga tidak terpapar covid-19 itu yg menjadi dasar utama," jelasnya. 

Sementara itu, Kapolsek Cakung, Kompol Satria Darma, mengatakan petugas kepolisian mengamankan sebanyak 200 massa yang terlibat dalam kerusuhan tersebut. 

Ratusan massa yang diduga hendak mengawal persidangan vonis Habib Rizieq langsung diamankan ke Polres Metro Jakarta Timur, lantaran melakukan kerusuhan. 

"Sudah ada 200 orang lebih dibawa ke Polres Jaktim, kita periksa di sana," katanya

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar