Kasus Melonjak, Anies Tambah RS Rujukan Covid-19 Jadi 140

  Jumat, 25 Juni 2021   Aini Tartinia
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat meninjau tenda darurat di RSUD Kramat Jati, Jakarta Timur/dok: Humas Balkot DKI.

KRAMAT JATI, AYOJAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan telah menambah kapasitas Rumah Sakit (RS) Covid-19 di Jakarta menjadi 140 RS dari total 193 RS yang ada.

"Pemprov DKI telah menambah kapasitas Rumah Sakit Covid-19, semula 103 sekarang jadi 140 dari total 193 rumah sakit di Jakarta," ujar Anies saat meninjau tenda darurat yang dipasang di halaman RSUD Kramat Jati, Kamis 24 Juni 2021 malam kemarin.

Anies menjelaskan beberapa RSUD di DKI Jakarta sudah penuh, bahkan lobinya difungsikan sebagai tempat rawat inap. Untuk itu pihaknya menyiapkan tenda-tenda di RSUD.

"Dari 32 RSUD ada 13 yang menjadi RS khusus Covid-19, seperti RSUD Kramat Jati ini. Lalu 19 RSUD lainnya 60% kapasitas itu disiapkan untuk Covid-19, 40% untuk penyakit lain," ucap Anies.

Diketahui, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengeluarkan surat yang ditunjukkan kepada semua rumah sakit di Jakarta agar membangun tenda darurat sebagai tempat perawatan pasien Covid-19.

Surat dengan nomor 6745/-1.773 itu meminta agar rumah sakit melakukan penambahan kapasitas tempat tidur perawatan pasien Covid-19. Ada empat poin penting dalam surat tersebut yang perlu diperhatikan semua rumah sakit di Jakarta.

Pertama, mengidentifikasi dan memanfaatkan keberadaan ruangan berkapasitas besar, seperti auditorium, aula, ruang pertemuan, ruang serbaguna, dan lainnya, untuk diubah menjadi tempat perawatan pasien Covid-19.

Kedua, meminta rumah sakit mendirikan tenda darurat berkapasitas besar pada ruang terbuka di lingkungan rumah sakit, seperti di halaman, tempat parkir, atau area lainnya.

Ketiga, direktur dan kepala rumah sakit diminta untuk menetapkan area perawatan tambahan sebagai area perawatan pasien Covid-19.

Terakhir, pengurus rumah sakit diminta menyampaikan kebutuhan bantuan tenda, velbed, obat-obatan, perbekalan kesehatan, dan alat-alat kesehatan lainnya terkait pelayanan Covid-19 ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar