--> -->

Warga DKI Bisa Lakukan Tes PCR Gratis Jika Hasil Antigen Positif, Begini Caranya!

  Jumat, 25 Juni 2021   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi tes PCR / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA – Kasus harian Covid-19 di DKI Jakarta melonjak tajam dan mencapai rekor baru pada Kamis, 24 Juni 2021. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mencatat ada 7.505 kasus pada hari itu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia memaparkan, berdasarkan data terkini Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dilakukan tes PCR sebanyak 25.575 spesimen.

Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 20.460 orang dites PCR kemarin untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 7.505 positif dan 12.955 negatif. Selain itu, dilakukan tes Antigen pada 5.053 orang, dengan hasil 776 positif dan 4.277 negatif.

Dwi mengimbau agar warga tidak panik saat terdiagnosis positif Antigen/PCR. Untuk warga yang mendapat hasil positif pada tes Antigen, dia memastikan warga tersebut dapat segera melakukan tes PCR di Puskesmas secara gratis atau laboratorium lainnya secara mandiri.

Adapun langkah saat dinyatakan positif pada tes Antigen/PCR sebagai berikut:

1. Lapor kepada RT/RW/Puskesmas setempat

2. Sementara isolasi mandiri dahulu di rumah, tetap memakai masker yang baik di rumah, pisahkan diri dari anggota keluarga yang lain,

3. Pastikan kontak erat di lingkungan rumah/kerja segera melakukan tes PCR

4. RT/RW dan Puskesmas akan membantu monitoring harian kondisi pasien. Puskesmas akan menentukan langkah tata laksana yang akan dilakukan oleh pasien sesuai kondisi masing-masing; apakah akan isolasi mandiri di rumah/lokasi isolasi mandiri terkendali/RS.

Selain itu, Dwi menyampaikan bagi masyarakat yang merasakan gejala Covid-19 namun pada saat tes Antigen dinyatakan negative, diimbau untuk melakukan tes PCR.

"Jika negatif saat tes Antigen, belum tentu hasilnya negatif pula pada saat tes PCR dan bisa saja positif saat dites PCR, apalagi jika bergejala," ucapnya dalam konferensi pers, Kamis 25 Juni 2021. 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar