Begini Cara Tepat Mengetahui Jenis Kulit Wajah

  Jumat, 25 Juni 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Setiap orang memiliki tipe kulit wajah yang berbeda. Lalu bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah kita sendiri? Perhatikan penjelasan berikut.

Perbedaan tipe kulit wajah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kandungan minyak yang mempengaruhi nutrisi serta kelembutan kulit, kandungan air yang mempengaruhi elastisitas serta tingkat kepekaan kulit terhadap zat tertentu. Dengan mengetahui cara mengetahui jenis kulit wajah maka anda tidak akan salah memilih jenis perawatan.

Perlu diketahui, tipe kulit wajah juga dapat berubah seiring dengan bertambahnya usia serta beberapa faktor genetik, penyakit bawaan, dan faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari dan polusi. Tak perlu berlama-lama, berikut cara mengetahui jenis kulit wajah berdasarkan kriterianya.

1. Kulit wajah normal

Tipe kulit ini memiliki keseimbangan dalam jumlah kandungan minyak serta air sehingga permukaan kulit akan terasa tidak terlalu kering namun juga tidak terlalu berminyak.

Tipe kulit normal umumnya juga memiliki warna kulit merata dengan tekstur yang lembut serta pori-pori yang nyaris tidak terlihat.

Orang dengan tipe kulit normal cenderung jarang memiliki masalah kulit karena kulitnya yang tidak terlalu sensitif. Tipe kulit ini juga lebih mudah dirawat, yang paling penting gunakan pembersih wajah secara teratur sebanyak dua kali sehari serta rutin memakai pelembab serta tabir surya.

2. Kulit wajah berminyak

Tipe kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum di kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) di bawah permukaan kulit yang berlebihan.

Meski sebum berfungsi melembabkan kulit, namun jika kelebihan maka sebum akan membuat kulit wajah menjadi berminyak. Dengan tingginya minyak pada kulit makan pori-pori akan tersumbat dan mudah mengeluarkan jerawat.

Tipe kulit ini umumnya memiliki pori-pori besar, berkilau namun kusam dan mudah timbul komedo, jerawat serta noda hitam. Beberapa orang yang mengalami perubahan kulit menjadi berminyak mungkin dikarenakan adanya pubertas, stress, efek obat-obatan serta cuaca yang panas.

Pemilik tipe kulit berminyak sebaiknya menggunakan masker yang mengandung madu, tomat atau lemon dan menghindari makanan-makanan seperti gorengan dan makanan tinggi gula.

3. Kulit wajah kering

Kulit kering diakibatkan oleh kurangnya kelembaban pada lapisan kulit terluar sehingga membuat kulit tampak retak-retak dan terasa kering jika disentuh. Jenis kulit ini akan lebih mudah gatal, memerah serta meradang.

Pemilik kulit wajah kering umumnya memiliki pori-pori yang hampir tak terlihat, permukaan kulit kasar dan kusam serta kurang elastis. Beberapa orang mengalami perubahan kulit menjadi kering mungkin dikarenakan beberapa faktor seperti perubahan hormone, cuaca dingin, mandi air panas terlalu lama serta efek samping obat-obatan.

Perawatan tipe kulit ini sebaiknya menggunakan pembersih tanpa alkohol dan pewangi. Usahakan memakai pembersih wajah yang mengandung emolien atau colloidal oatmeal

4. Kulit wajah kombinasi

Tipe ini merupakan perpaduan antara kulit berminyak dan kering. Biasanya tipe kulit ini memiliki kandungan minyak berlebih di sekitar zona T yaitu area dagu, hidung dan dahi sedangkan di area pipi akan terasa lebih kering.

5. Kulit wajah sensitif

Tipe kulit ini umumnya sangat sensitif sehingga mudah sekali mengalami alergi atau iritasi karena faktor tertentu seperti makanan, produk kecantikan maupun lingkungan. Tipe kulit wajah ini memiliki tingkat toleransi yang sangat rendah dibanding tipe kulit lainnya.

Demikian cara mengetahui jenis kulit wajah berdasarkan kriterianya. Sekarang kamu sudah tahu apa jenis kulit wajah kalian? 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar