--> -->

Ini Alasan Ismed Sofyan Menghilang di Piala Menpora 2021

  Senin, 19 Juli 2021   Fichri Hakiim
Ini Alasan Ismed Sofyan Menghilang di Piala Menpora 2021 (dok. Persija.id)

KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Pemain senior Persija Jakarta, Ismed Sofyan, tak dapat memperkuat Macan Kemayoran saat tampil di turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Posisi Ismed diisi oleh mantan pemain Juventus, Marco Motta.

Tak hadirnya sosok Ismed saat Piala Menpora 2021 menuai banyak pertanyaan. Alasan Ismed tidak memperkuat Persija saat Piala Menpora 2021 yakni ia tengah menjalani pemulihan cedera.

Pemain berusia 41 tahun itu telah menjalani operasi lutut pada 28 Juni 2021 lalu. Cedera tersebut dirasakan Ismed pada 8 Juni 2021 setelah terpeleset di sela-sela latihan tim. Ismed mengaku lututnya terasa nyeri serta sulit ditekuk dan tidak mampu melanjutkan latihan.

Setelah melakukan operasi, Ismed kini dibantu tongkat untuk berjalan. Namun, dokter menuturkan alat bantu itu sudah bisa dilepas dalam sebulan ke depan.

"Saat ini masih fase terapi, sehingga saya masih menggunakan tongkat untuk berjalan. Mudah-mudahan recovery berjalan cepat sehingga enam bulan lagi bisa kembali," kata Ismed dikutip dari laman resmi Persija.

Keputusan operasi diambil Ismed usai berkonsultasi dengan dokter tim Persija. Ia disarankan untuk melakukan operasi, agar kondisi lututnya tidak memburuk.

"Menurut dokter, jika tidak dioperasi, ke depan kondisi lutut akan lebih buruk, sehingga saya memutuskan untuk operasi," tuturnya.

Ismed pun optimis masih dapat bermain baik untuk Persija di level atas sepak bola Indonesia.

"Insya Allah, jika terus melakukan terapi secara benar sejak sekarang, saya bisa kembali seperti semula," ucapnya. 

Ismed memperkuat Persija sejak 2003 dan mengisi posisi bek kanan. Ia pun menjadi kapten Persija dan terus menjadi andalan tim.

Selama 18 tahun memperkuat Persija, Ismed telah mempersembahkan sejumlah trofi. Pemain kelahiran Aceh itu menjadi bagian Persija saat meraih trofi Liga 1 2018 dan Piala Presiden 2018.

Di level timnas, ia membantu Tim Nasional Indonesia menduduki peringkat kedua Piala Tiger 2000 dan 2004.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar