--> -->

BST Mei dan Juni Kota Bekasi: Cair 21 Juli sampai 1 Agustus via Kantor Pos Ya!

  Kamis, 22 Juli 2021   Eries Adlin
BST Mei dan Juni Kota Bekasi: Cair 21 Juli sampai 1 Agustus via Kantor Pos Ya! (ilustrasi)/ayobandung

TEBET, AYOJAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) periode Mei dan Juni 2021 yang dibayarkan sekaligus sebesar Rp600 ribu. Warga Kota Bekasi akan menerima bantuan semasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 21 Juli sampai dengan 1 Agustus.

Bantuan Sosial Tunai. Kementerian Sosial Republik Indonesia akan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 14 dan tahap 15 pada 12 Kecamatan di Kota Bekasi yang direncanakan mulai dari tanggal 21 Juli 2021 sampai dengan 01 Agustus 2021, melalui PT. Pos Indonesia.

Demikian informasi yang disampaikan oleh akun Twitter Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Bekasi, @KominfoBekasi, Rabu 21 Juli 2021.

Sebelumnya, Pemerintah memutuskan membuka bansos tunai PPKM darurat seiring dengan pelaksanaan program pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali pada 3 Juli - 20 Juli 2020. Bansos tunai PPKM darurat diperuntukan bagi masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi virus corona.

Besaran bansos tunai PPKM Darurat 

Nilai total bansos tunai yang akan diberikan kepada masyarakat per kepala keluarga ialah Rp600 ribu. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp6,1 triliun untuk memperpanjang program bansos tunai PPKM darurat ini.

Anggaran tersebut dialokasikan untuk 10 juta masyarakat yang tidak mampu dan keluarga miskin yang belum menerima bantuan PKH dan kartu sembako. 

Mekanisme penyaluran bansos tunai PPKM Darurat

Mekanisme penyaluran bansos tunai PPKM darurat tetap sama seperti sebelumnya yakni melalui kantor pos dan himpunan bank negara (Himbara).

Syarat penerima bansos tunai PPKM Darurat

Kriteria penerima bansos tunai PKM darurat antara lain:

  1. Memiliki nomor induk kependudukan (NIK) 
  2. Memiliki kartu keluarga (KK) 
  3. Nomor telepon aktif yang bisa dihubungi 

Cara cek penerima bansos tunai PPKM Darurat

Masyarakat dapat mengecek nama penerima bansos tunai PPKM darurat melalui laman https://cekbansos.kemensos.go.id/. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id 
  2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan
  3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP
  4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode
  5. Klik tombol pencari data 

Setelah itu, jika proses berjalan lancar, Anda akan lekas melihat lampiran data-data nama penerima bansos tunai PPKM darurat. Demikian informasi singkat tentang bansos tunai PPKM darurat, semoga bermanfaat. (suara.com)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar